ceritanet                                              
  situs nir-laba untuk karya tulis                                                       edisi 90 jumat 7 januari 2005,  po box 49 jkppj 10210a


tentang ceritanet

sampul
esei
sajak
laporan
cerpen
novel
memoar
komentar
terbitan
edisi lalu
daftar buku

kirim tulisan

ikut mailing list



renungan
Hari Ini Kita Mengurai Kecemasan
Taufik Wijaya
Sekian puluh ribu tahun yang lalu, wajah-wajah yang tak pernah kita kenal, saudara-saudara kita yang tak pernah kita sapa --kecuali Nabi Nuh yang dikisahkan dalam berbagai kitab-- dilibas ratusan ombak yang diibaratkan setinggi gunung. Semua meregang nyawa, lalu puluhan kota tenggelam, kecuali Nabi Nuh dan beberapa pengikutnya yang selamat bersama kapalnya. Kisah itu pun disebut sebagai 'kiamat pertama.' Berbagai spekulasi lahir. Kaum rasionalis menyebutnya sebagai bagian dari bencana mencairnya es di kutub utara. Dan kaum moralis menyebutknya sebagai hukuman Tuhan terhadap manusia yang mengkhianati Tuhan.
selengkapnya


novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo)
Berhari-hari dua orang itu menghilang dalam kantor-kantor pemerintah untuk mengejar surat-surat perjalanan serta mencatatkan rumah hingga mereka dapat memakainya kembali setelah pulang ke Moskow nanti; dan selama itu Tonya mengatur segala milik keluarga. Sambil jalan kian kemarin dalam tiga kamar yang kini resmi diserahkan kepada keluarga Zhivago itu, ia dengan wajah pilu menimbang-menimbang dua puluh kali dalam tangannya segala benda, juga yang terkecil, sebelum memutuskan hendak meletakkannya dalam tumpukan barang-barang yang akan dibawa.
selengkapnya

ceritanet
©listonpsiregar2000