ceritanet                                              
   situs nir-laba untuk karya tulis                                                 edisi 86 sabtu 6 november 2004,  po box 49 jkppj 10210a


tentang ceritanet

sampul
esei
sajak
laporan
cerpen
novel
memoar
komentar
terbitan
edisi lalu
daftar buku

kirim tulisan

ikut mailing list

proyek buku
Belajar dan (atau) Bekerja

non-fiksi
Fortune 's Daughters
Elisabeth Kehoe
(Atlantic)

fiksi
The Way to Paradise Mario Vargas Llosa
(Faber)

ceritanet
©listonpsiregar2000


esei
Rekonsiliasi dan Tragik Spanyol
Aboeprijadi Santoso

Angel Salamanca dan Luis Royo adalah dua warga Spanyol yang merasa terpanggil selaku patriot. Dalam perang saudara (1936-39), Salamanca memihak diktator Jendral Besar Franco, kemudian membantu tentara Hitler melawan Soviet. Sepeninggal Franco, dia jadi simbol dari Spanyol yang pro-fasis. Sebaliknya, Royo adalah pejuang sayap kiri yang melawan fasisme Franco, kemudian memerangi tentara Nazi-Jerman di Perancis.
selengkapnya

cerpen Dari Sunan Kuning ke Pasar Kembang
Liston P. Siregar

Dua pil alergi Ambien, yang mengandung obat tidur, 18 halaman Dokter Zhivago, sisa beban bergadang deadline, plus perdebatan yang melelahkan, melempar Humala telak ke pusat mimpi di Hotel Freedom, sekitar satu kilometer dari pelabuhan Dili, Timor Timur. Rongrongan suara mesin AC di atas jendela kamar langsung berubah jadi alunan mesin kapal yang terbuai ombak di Laut Jawa.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo)
Ia mulai sembuh. Mula-mula ia terima saja segala-galanya seperti orang setengah sinting. Ia tak ingat apa-apa, tak melihat hubungan antara yang satu dengan yang lain, pun tak heran akan apa-apa. Istrinya memberinya roti putih dan mentega dan teh manis; ia memberinya kopi. Ia sudah lupa bahwa tak ada barang-barang semacam itu, maka dinikmatinya cita rasanya seperti puisi atau dongeng, seperti hal yang baik dan sepantasnya bagi orang sakit yang sedang sembuh.
selengkapnya


   
Pesan Buku Keping Kenangan