edisi 79
senin 19 juli 2004

tentang ceritanet

sampul
esei
sajak
laporan
cerpen
novel
memoar
komentar
terbitan
edisi lalu
tulisan tamu
daftar buku

kirim tulisan
ikut mailing list

buku
non-fiksi

One's Company: A Journey to China in 1933
Peter Fleming
(Pimlico
)

   ceritanet
          situs nir-laba untuk karya tulis

komentar Baju Baru Perdana Menteri Blair
Liston P. Siregar
Mengikuti politik luar negeri Inggris atas Irak –yang praktis menjadi politik dalam negeri Inggris-- saya teringat cerita yang pernah dituturkan ibu saya di Medan, tiga puluhan tahun lalu. Belakangan saya tahu cerita itu karya Hans Christian Andersen, dan lebih belakangan lagi ternyata diangkat dari hikayat Spanyol, karya Don Juan Manuel (1282-1348). Judul dalam Bahasa Denmark, Keiserens nye klaeder, namun dalam Bahasa Spanyol tak berhasil saya temukan, sedang dalam Bahasa Inggris Emperor's New Clothes dan dalam Bahasa Indonesia versi ibu, seingat saya; 'raja yang tak pakai baju.'
selengkapnya

cerpen Beras dan Ketan
Imron Supriyadi
Hari ini, ibu masak lagi. Tapi, baru kali pertama, ibu masak beras biasa dengan kombinasi ketan. Katanya, ibu akan membuat kue unik. Bagiku, ini resep baru yang pertama. Sebab, dalam sejarah per-masakan di Palembang, dua jenis ini sama sekali tidak pernah bertemu dalam satu adonan. Tetapi, kedua jenis ini, tidak jarang muncul berbarengan, sekalipun dengan kapasitas dan format yang berbeda.
selengkapnya

cerpen Admiral Sentot
Juni Poppin
Aku menyukai lagu-lagu berbahasa Amerika Latin. Terdengar amat sexy dan menggetarkan jiwa. Sayangnya, kesukaanku tidak disertai motivasi untuk belajar bahasa sexy itu, sehingga lirik lagu-lagu yang kudengar itu lalu kuterjemahkan sendiri berdasarkan intonasi dan cara si penyanyi menyanyikannya. Pacarku Nana yang juga menyukai hal yang sama mengata-ngatai aku ngawur, tapi dia malah keranjingan mendengarkanku menyanyikan lirik-lirik ngawur versiku dan aku diam-diam menciumi-Nya berterima kasih atas Nana untuk hidupku.
selengkapnya

fiksi
The Sleeping Father
Matthew Sharpe
(Sceptre)

ceritanet
©listonpsiregar2000


novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo), terbitan Djambatan, Maret 1960
Musim dingin datang dan sifatnya justru seperti yang diramahkan. Tak begitu mengerikan seperti dua musim dingin yang menyusul, namun sudah sejenis, muram, dingin, membawa kelaparan, maka selama itu orang menyaksikan kebinasaan dari segala yang dikenalnya serta perobahan semua dasar hidup, dan orangpun dengan mengatasi tenaga insaniahnya berusaha mempertahankan hidup yang hendak membersit dari pegangan.
selengkapnya