edisi 67
selasa 18 november 2003

ceritanet
situs nir-laba untuk karya tulis

tentang ceritanet

sampul
esei
sajak
laporan
cerpen
novel
memoar
komentar
terbitan
edisi lalu
tulisan tamu
daftar buku

kirim tulisan

ikut mailing list


buku
non-fiksi

Living to Tell the Tale
Gabriel Garxia Marquez, trans. by Edith Grossman
(Jonathan Cape)

Who Killed Daniel Pearl?
Bernard-Henry Levy
(Duckworth)

fiksi
The Radetzky March
Joseph Roth (Granta)

The Dark Tower
Stephen King
(Hodder)


 
cerpen Secangkir Kopi Untuk Vladimir Barakovsky
Sitok Srengenge
Ngawur arek ini, kataku dalam hati. Tiba-tiba Vladimir menjawil lenganku dan melangkah lebih dulu.
"Kau penikmat sastra, my brother, dan Praha menyebut dirinya city of literature, you know. Saya harus membawamu ke jantungnya. Lihat di sana!" Ia menuding sebuah museum yang cekli mempesona, bekas tempat tinggal Kafka, tepat ketika aku melangkah di sampingnya.
"Sudah tiga kali aku mengunjunginya."
selengkapnya

terbitan Istriku
Martin Siregar
Kami akan repot apabila jambu air sedang panen besar. Tangan anak anak langsung gatal memetik buah yang belum masak dan membiarkan daun daun bertebaran mengotori halaman rumah. Istriku yang paling sewot gara gara ulah anak anak ini. "Hayo! jangan petik buah yang belum masak." Teriak isteriku. Anak anak diam saja saling menatap dan segera kabur.
selengkapnya

komentar Nyata; Preman Ancam Negara
Deni Suwarja
Masih ingat kasus pemukulan wartawan Tempo beberapa waktu lalu? Atau keputusan menggusur kantor Tempo oleh pengadilan beberapa waktu lalu? Salah seorang teman sempat mengirim SMS kepada saya;"begitulah jadinya kalau negara dikuasai oleh...." Kebetulan hari itu saya sedang ikut berkunjung ke Istana Negara dan tidak sempat menyimak berita di koran atau TV. .
selengkapnya

sajak Entah
Hendri Kremer
Terkadang sepi seperti menikam, terkadang seperti mau bertandang ke demensi lain. Meski tidak berjamah yang pasti aku bukan siapa-siapa lagi. Datang tak diundang meski sengatan semakin dalam. Bunuh mimpi dalam kenangan, duduk berhadapan. Bertanya, kebingungan, karena terlalu banyak orang pandai berkata-kata.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo), terbitan Djambatan, Maret 1960
Esok paginya Yury tidur sampai siang, bangun lewat pukul sebelas. "Prince, Prince," tetangganya dengan lembut memanggil anjingnya yang tak senang., Yury heran bahwa di kompartemen masih hanya mereka sendiri saja; tidak ada penumpang lain yang masuk. Propinsi Kaluga sudah lewat, mereka sudah sampai di Propinsi Moskow. Nama stasiun-stasiun sudah di kenal Yury sejak kecil.
selengkapnya



proyek buku
Memoar Orang Jalanan
ceritanet
©listonpsiregar2000