edisi 60
kamis 24 juli 2003

ceritanet
situs nir-laba untuk karya tulis


tentang ceritanet

sampul
esei
sajak
laporan
cerpen
novel
memoar
komentar
terbitan
edisi lalu
tulisan tamu
daftar buku

kirim tulisan

ikut mailing list


puisi
Lagu Nostalgia
T.S. Pinang
minta meja untuk dua orang, ya. ada yang harus kami bicarakan. penting. tentu saja bukan soal puisi. ini soal hidup dan mati. masa depan kami
kalau nanti kami berciuman di sini, tolong tak usah peduli. kami ini remaja. belum begitu percaya pada agama, atau bahkan sudah lupa. bawakan saja hidangan anda yang paling istimewa. juga lagu nostalgia tentang cinta
selengkapnya

proyek buku Memoar Orang Jalanan

cerpenTea and Her
Farah Rachmat
Aku bangun dari peraduanku. Kubuka jendela, bbbrrr, dingiiiiin…kubiarkan jendela itu terbuka dan aku segera turun ke dapur. Perlahan kubuat secangkir Earl Grey tea, mencium wanginya dan menghirupnya perlahan…wangi teh ini membuatku terbawa dalam kenangan. Tea and Her. Itu mungkin judul yang tepat. Ya, aku teringat lagi dengan kenangan awal pertemuan kami. Aku sedang duduk di sebuah café di Paris, menikmati suatu hari di musim panas yang cerah.
selengkapnya

buku
non-fiksi

Global Woman
ed. by Barbara Ehrenreich and Arlie Russel Hochshild
(Granta)

Stalin
Simon Sebag Montefiore
(Weidenfeld)

fiksi
The Boy Who Taught the Beekeeper to Read
Susan Hill
(Chatto & Windus)

Learning to Talk
Hilary Mantel
(Fourth Estate)



ceritanet

©listonpsiregar2000

cerpen Polisi dan Sopir
Dodi Mawardi
Mikrolet itu dipepet motor polisi. "Baru keluar pak!" kata sopir mikrolet. Polisi itu, Suryo, terlihat di papan nama yang menempel di dada, tidak menyahut. Tampangnya seram dengan kumis tebal dan kaca mata hitam. Tangannya memberi tanda agar mikrolet menepi. Dia lalu menghentikan motornya dan menghampiri mikrolet. Tak ada sepatah katapun keluar dari mulut Suryo. Mereka seperti sudah kenal lama. Begitu Suryo mendekat, sopir itu memberikan surat kendaraannya. Suryo pun ngeloyor begitu saja.
selengkapnya

cerpen Collect Call to God
Aulia Andri
i
Kepada siapakah aku harus menceritakan ini? Cerita yang diceritakan seorang teman kepadaku ketika dia ingin berjumpa Tuhan. Katanya, dia ingin menceritakan kesedihan hatinya. Maka itu, ketika dia bercerita ketika kami lama tak bertemu, kudengarkan ceritanya dengan seksama. Ceritanya bermula tentang cerita cinta. Cerita yang sangat klasik bagiku. Cerita tentang seorang pria yang jatuh cinta pada kepada seorang wanita. Cerita yang sudah ribuan kali aku dengar.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo), terbitan Djambatan, Maret 1960

Malam berikutnya ia ketemu Lara. Dijumpainya dia dalam kamar persediaan; setumpuk pakaian, baru keluar dari mesin penulas terletak di depannya; ia sedang menyeterika. Kamar persediaan adalah salah satu kamar belakang paling atas yang membuka pemandangan ke taman. Di situ disediakan samowar, makanan dipersiapkan dan piring-piring dionggokkan dalam lift yang dilayani orang untuk dikirim ke tukang cuci. Di situ pula daftar barang pecah belah, piring dan gelas disimpan dan dicocokkan dan disitu orang datang di waktu senggang serta bertemu menurut janji.
selengkapnya