laporan City of (no) God
Liston P. Siregar
City of God menceritakan tempat, daerah pemukiman orang-orang miskin Cidade de Deus di Rio de Janeiro yang mulai dibangun tahun 1960-an dan tahun 1980-an menjadi daerah paling berbahaya di Rio de Janeiro --artinya bisa jadi salah satu daerah paling berbahaya di dunia. Ke kompleks Perumnas inilah orang-orang miskin Brasil, yang digusur atau yang kebanjiran, datang dan tinggal di barisan rumah-rumah sempit.
selengkapnya

sajak Hening Ternyata Teman
R.S.W.
Petikan dawai renjana
Kenapa hasilkan madah pilu
Pelog, Slendro, A minor, B Mayor
¿Puede ayudarme, por favor?
Kudamba sebuah kinarya
Satu dua opus, atau sebuah hymne
selengkapnya

komentar F4 di Negeri Dengan Berjuta Keajaiban
Galih Pratidina Maharsiwi
Sebuah hajatan besar baru digelar di Indonesia ; megakonser F4 atau Flower Four, kelompok remaja asal Taiwan yang melejit lewat film Meteor Garden. F4 menciptakan sebuah fenomena baru. Histeria yang mengekorinya, benar-benar membuat F4 tak lagi milik remaja semata, juga milik anak kecil yang baru bisa mengoceh sampai nenek-nenek. Mulai model pakaian sampai model rambut yang licin berkibar-kibar --model rambut ini terkenal dengan nama FIR; Flat Ion Rebounding-- tiba-tiba jadi mode yang ramai diikuti masyarakat.
selengkapnya

novel Smaradina Muda Mangin
Syam Asinar Radjam
Aku tahu Mangin akan berangkat malam ini. Dengan Kereta malam, pukul sembilan. Dan biasa, tak ada yang istimewa mengenai sebuah keberangkatan antar kami, tak terbersit niatku mengantarnya. Demikian juga dia. Repot, jika aku harus mengatarnya, yang memang tak pernah menetap untuk tidak pergi kemana-mana. Baru saja aku hendak pergi makan malam, ketika Monda mengendap masuk kamar Mangin. Serta merta dia sudah menutup hidung, karena kamar yang tidak pernah terawat. Sprai tetap seperti semula, acak-acakan sejak tadi pagi.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo), terbitan Djambatan, Maret 1960

Dari Melyuzeyevo, ada dua jalan raya, satu ke Timur, lainnya ke Barat. Yang satu becek dan lewat hutan menuju Zabushino, kota kecil yang berdagang gandum, administratif di bawah Melyuzeyevo, meskipun dalam banyak hal lebih maju. Lainnya berkerikil, lewat padang-padang, panas di musim dingin, tapi kering di musim panas, menuju ke Biryuchi, pusat jalan kereta api yang terdekat.
selengkapnya

ceritanet©listonpsiregar2000