sajak Menatap Luka
TS Pinang
lihatlah,
luka seratus abad tak lewat oleh badai
sementara sayu kelopak matamu lelah
didera berita televisi atau purnama dini hari
sungguh, ketakutan menjadi semacam rindu

selengkapnya

cerpen Bumi Ketiga
Imron Supriyadi
Aku tergeragap. Sebuah kilat cahaya telah memecah bongkahan batu besar, tempat selama ini aku tidur di dalamnya. Sulit kuterjemahkan. Ia datang begitu cepat, Jika kilatan cahaya itu sudah reda, besok atau lusa, akan kutanyakan pada ahli meteorologi, agar aku tidak terus kebingungan. Hari itu aku mendapat bahan penelitian baru yang belum terdata lembaga penelitian manapun ; tentang ilmu bumi. Inikah yang disebut sebagai peristiwa alam yang akan mengantarkan manusia ke alam baru? Bumi Ketiga? Ah, terlalu lancang aku.
selengkapnya

sajak Reportase Sunyi
Edwin
Dan angin yang manja
Meniupkan kerinduan
Untuk pulang ke haribamu
Tapi jarak yang terlalu panjang
Membentang sebuah ruang

selengkapnya

Lomba Jurnalisme Untuk Toleransi
International Federation of Journalists (IFJ)
menyediakan 3000 Euro kepada wartawan cetak
maupun elektronik yang mengangkat isu
anti diskriminasi dan anti rasisme.

draft novel Pangeran Jawa Atawa Jager Melayu
Bramantyo Prijosusilo
Ketika pagi-pagi Tahun Baru Elaine kembali ke flatnya, suami dan anaknya masih tidur berpelukan. Diletakkannya coat tebal di gantungan dekat pintu dan dialirkannya air hangat ke dalam bath-tub. Perasaannya tak enak, seolah pemandangan-pemandangan liar di pesta semalam telah menempel di kulitnya. Rambut dan pakaiannya bau asap rokok, tetapi pemandangan pesta sex beramai-ramai lebih mengganggu batinnya. Belum pernah dia melihat yang seperti itu. Apa yang akan dirasakan Jagger kalau dia tahu mengenai pesta sex itu? Tidakkah dia akan semakin mengkafirkan masyarakat Inggris?
selengkapnya
novel Smaradina Muda Mangin
Syam Asinar Radjam
Tengah malam acara keakraban antara mahasiswa baru dengan himpunan mahasiswa jurusan, Mangin hendak menyerahkan balasan surat singkat itu ke Dinda. Di persimpangan kebimbangan. Hujan sibuk-sibuknya sebagai panitia. Toh, mahfum Mangin kalau tak ada waktu baginya. Selama ini pun Mangin tak punya waktu banyak untuk Hujan. Karena diserahkan waktunya kepada kerja di kampung-kampung dan di depan komputer dengan wallpaper monitor para super heroes Detroit Comic.
selengkapnya
novel Dokter Zhivago 51
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo),
disalin dari terbitan Djambatan, Maret 1960

Rumah sakit tempat Yury sembuh kembali di bagian perwira, telah diungsikan dan rupa-rupanya dilakukan orang dalam kota kecil di depan rel kereta api, dekat markas besar Umum. Hari panas pada akhir bulan Februari. Jendela dekat ranjangnya tebuka. Pasien-pasien membuang waktu sebelum makan siang. Mereka dengar ada jururawat baru dipekerjakan pada staf rumah sakit dan hari itu akan pertama kali keliling. Dalam ranjang di seberang Yury, Galiullin sedang melihat-lihat surat kabar yang baru datang dan marah-marah keras tentang tempat-tempat kosong, akibat penyensoran.
selengkapnya

ceritanet©listonpsiregar2000