sajak Si Singamangaraja
Ari Munggu Tamba
Akulah Si Singamangaraja
Nyala di Bakara
Redup di Balige

Kau menjamah perihnya

Tapi sebelum itu
Tanah kerontang hangus harap
Di ujung pematang
terban lapar
Dan susut danau
ingati
gelepar ikan mati
Sejak malam tersaruk
mimpi sekarat

selengkapnya

 laporan Gerakan Para Sineas 'Baik-baik'
Ging Ginanjar

Dua film ini, Eliana-Eliana karya Riri Riza dan Bendera karya Nan Achnas, masuk pasar dalam waktu hampir bersamaan, akhir bulan lalu. Perbedaannya cuma seminggu, dan keduanya diputar di bioskop-bioskop yang kira-kira sama pula. Sehingga kita menyaksikan pemandangan yang jarang: dua film Indonesia diputar bersamaan pada sinepleks yang sama. Sayangnya, keduanya tak banyak didatangi penonton..
selengkapnya

novel Pangeran Jawa Atawa Jagger Melayu
Bramantyo Prijosusilo
Elaine masih lelap dalam menyetir, konsentrasinya pada beton jalan, marka, kaca spion, lori-lori gandeng yang panjang dan pengendara dan kendaraan lain, namun di balik itu semua, ada juga sebagian batinnya yang masih menggerutu soal ganja, soal Jagger dan cara dia mengasuh Sanca, soal Keith yang sudah semakin tua tetapi tak kunjung belajar bertanggung-jawab, serta sesuatu masalah laten: hubungan dia dengan orangtuanya. Setiap Natal selalu mengorek luka-luka lama yang dalam.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo),
disalin dari terbitan Djambatan, Maret 1960
Hawa sangat buruk sampai hari ketiga yang tengah berlalu. Waktu itu musim rontok kedua dari peperangan. Hasil-hasil bagus tahun pertama diikuti kemerosotan-kemerosotan. Tentara Kedelapan Brussilov yang dipusatkan di Carpathia dan sudah siap menuruni lereng-lereng Hungaria, malahan mundur, hanyut oleh air surut pemunduran umum. Kita menarik diri dari Galicia yang kita duduki selama bulan-bulan pertama pertempuran. Dr. Zhivago yang belum lama berselang dikenal sebagai Yura tapi kini makin sering ditegur sebagai Yury Andreyvich berdiri dalam gang dari seksi gynecologi rumah sakit, diluar pintu bagian perempuan, dimana ia baru saja membawa Tonya, istrinya.
selengkapnya

ceritanet©listonpsiregar2000