sampul | cerpen | sajak | novel | esei | laporan | memoar | terbitan | komentar

edisi 3, Sabtu 3 Februari 2001

ceritanet
situs nir-laba untuk karya tulis

 

 

 

Situs ini didirikan November 2000 sebagai media tukar karya tulis. Asumsinya banyak karya tulis yang tidak dimuat media massa konvensional, namun layak dibaca sejumlah orang. Ada juga harapan cerita.net secara perlahan-lahan, dan tidak langsung, bisa mengembangkan gaya karya tulis internet.

Karya tulis dalam ceritanet sangat terbuka, mulai cerita pendek, novel, puisi, dan esei. Adapun terbitan berupa resensi buku, informasi buku, maupun laporan-laporan lembaga tertentu --baik laporan tahunan, laporan penelitian, dan laporan temuan suatu komite kerja. Sedangkan laporan dalam ceritanet berupa laporan jurnalistik --mencakup tinjauan peristiwa dan tinjauan film-- atau laporan perjalanan. Penggolongan lain adalah berita aktual yang berhubungan dengan karya tulis.

Ceritanet juga membuka kesempatan sebagai media informasi kegiatan, yang --secara langsung maupun tidak langsung-- berkaitan dengan kemajuan karya tulis. Dengan sifat nir-laba, ceritanet tidak memberikan honor bagi setiap karya tulis dan sekaligus tidak memungut biaya apapun. Jika ada materi di ceritanet yang 'berbau' promosi, yang umumnya ditemukan dalam halaman acara dan terbitan, semata-mata didasarkan pada kepentingan orang banyak dan berhubungan dengan usaha-usaha peningkatan karya tulis.

Ada kemungkinan ceritanet menerima sumbangan --yang independen-- dan sumbangan serta penyumbang akan diumumkan secara terbuka di halaman ini, termasuk penggunaannya.

 

 

 

Penulis Edisi 3

Nyoman Dani orang Jawa Timur dan mengaku pernah hidup susah waktu sekolah tehnik di Jerman sampai ia tidak mau lagi berkunjung ke Eropa. Kini bekerja di sebuah perusahaan konstruksi di Jakarta. Penyayang binatang. Arya Gunawan, tamatan ITB ini pernah menjadi wartawan budaya Kompas, lantas masuk BBC Siaran Indonesia, dan kini bekerja di Unit Komunikasi PBB. Liston P. Siregar, tamat dari Unviersitas Diponegoro masuk Tempo sampai dibredel dan sekarang bekerja di BBC Siaran Indonesia.


 

 

 

 

 

 

 

situs nir-laba untuk karya tulis
ceritanet

kirim tulisan
©listonpsiregar2000