esei Hikayat Orang Miskin Indonesia
Yopie Hidayat
Marilah kita bandingkan apa yang terjadi di negeri bernama Argentina, sekarang ini, dengan Indonesia, masa 1997-1998. Di Argentina pemerintah langsung membekukan semua simpanan di bank. Pokoknya bank dilarang buka. Pemerintah Indonesia tak mau merugikan orang yang menyimpan uang di bank, dan langsung memutuskan jadi bandar yang menalangi segala simpanan. Pokoknya semua uang yang ada di bank, semua tagihan apa pun yang ada di bank, berapapun jumlahnya, milik siapapun, akan dibayar kembali oleh pemerintah.
selengkapnya

esei Le Pen dan Indonesia?
Liston P. Siregar
Le Pen seperti obat kuat bagi politik Perancis. Pemilihan presiden yang tadinya lesu langsung jadi unjuk rasa jalanan, ekspresi politik yang paling transparan. Bagi orang Perancis --yang tradisi kiri-nya paling keras di kawasan Eropa Barat-- perolehan 16,86 persen suara partai ultra nasionalis -walau tak sampai satu persen diatas partai Sosialis- seperti membunuh karakter bangsa Perancis yang paling mulia ; liberte, egalite, fraternite.
selengkapnya

sajak Bukan Kerja Akhir Pekan
J.J. Kusni
kebutkanlah mantel dinginmu mengebut daki-daki musim
dan kita kembali berangkat, "apakah masih jauh ujung jalan?"
jalan kita berbataskan malam, bung kerna itu patut bergegas
memacu mentari dan tak usah tanyakan jam berapa sekarang,
tak usah mengeluh pegal ngilu kaki-tangan jika mau bersama.
selengkapnya


 

draft novel Pangeran Jawa Atawa Jagger Melayu
Bramantyo Prijosusilo
Setelah setiap hari bertambah gelap dan dingin dan basah dan menjemukan, sampailah juga bulan November. Lebih dingin. Lebih gelap. Sering matahari tidak terbit sama sekali, sampai malam datang tergesa-gesa, gelap pada pukul empat sore hari.
selengkapnya

 


penulis edisi 37

novel Dokter Zhivago 37
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo)
Disalin sesuai aslinya dari terbitan Djambatan, Maret 1960 dengan penulisan ejaan baru.

Layatan telah selesai. Dalam hawa dingin itu para pengemis menyuruk-nyuruk berkumpul dalam dua barisan. Kereta mayat, pedati dengan karangan-karangan bunga serta kereta keluarga Krueger bergerak dan goyang sedikit.
selengkapnya

©listonpsiregar2000ceritanet