esei Di Zimbabwe, Namanya Masih Mugabe
Liston P. Siregar
Lahir, besar, dan mendapat pendidikan guru Kutama Mission di Zvimba, Barat Laut Zimbabwe, Robert Gabriel Mugabe pada usia 17 tahun sudah mengajar di sekolah misionaris antara tahun 1941 sampai 1943. Sebagai guru, Mugabe mengajar berkeliling di Rhodesia Selatan, sebelum menjadi Zimbabwe, dan kemudian mendapat bea siswa ke Universitas of Fort Hare College di Afrika Selatan. Disitulah Mugabe mulai berkenalan dengan buku-buku Komunisme, Marxisme, dan perlawanan tanpa kekerasan Mahatma Gandhi.
selengkapnya


sajak
Tentang Hujan
Alkarna
biarkan rembulan termenung
karena aku hanya ingin meminang hujan

kan ku setubuhi ia
malam ini
penulis edisi 33                                                                     bersama rintiknya mengoyak bebatuan
selengkapnya

draft novel Pangeran Jawa Atawa Jagger Melayu
Bramantyo Prijosusilo
Ketika Elaine mengajak Jagger melepas dahaga di sebuah pub, kuping Jagger diajari mencatat bahwa daerah tempat tinggalnya dihuni oleh banyak orang kulit putih selain Inggris. Dia bayangkan orang berbahasa ibu bahasa Inggris lain, dari Irlandia, Australia, New Zealand, Afrika Selatan, Canada, Amerika Serikat, semuanya dengan logat dan dialek khas yang sulit diikutinya, banyak tinggal di sekitar tempat tinggalnya. Kemudian bersama dengan Elaine dia asyik bermain terka-terkaan, mengamati orang lalu lalang sambil menebak daerah asal mereka.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago 33
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo)
Disalin sesuai aslinya dari terbitan Djambatan, Maret 1960 dengan penulisan ejaan baru.

Selama itu Lara duduk di kamar dansa. Ia tak berpakaian malam, pun tak kenal siapapun di situ, namun ia tak pergi-pergi, lalu berdansa walsa dengan Koka seperti orang tidur jalan, ataupun mundar-mandir di kamar tanpa tujuan. Sekali dua kali ia berhenti dan berdiri ragu-ragu di luar kamar duduk, dengan harapan akan nampak pada Komarovsky yang duduk menghadap pintu. Tapi dia ini memegang kartu-kartu didepannya bagaikan perisai kecil di tangan kiri; ia memang tak melihatnya ataupun pura-pura begitu. Lara tercekik karena merasa dihina.
selengkapnya

ceritanet©listonpsiregar2000