ceritanet
situs nir-laba untuk karya tulis
edisi 32, Senin 4 Maret 2002
___________________________________

 esei Menuju Indonesia Baru dengan Warisan Sistim Lama
Hok An
Krisis ekonomi Indonesia tidak selalu tampak jelas di kalangan elit. Sejak awal Tahun 2000 tercatat beberapa pabrik mobil dan toko besar yang mengalami peningkatan penjualan sampai 200%, yang diakibatkan oleh naiknya konsumsi masyarakat. Jadi sebagian warga masyarakat sudah pulih dari krisis. Kalau kelas menengah dan bawah menderita kerugian besar akibat krisis, maka kelompok elit yang mempunyai banyak simpanan di bank sempat --atau masih-- menikmati suku bunga yang tinggi.
selengkapnya
cerpen Suatu Kali Pernah Ada Bidadari Datang ke Kota Kami
Ikun Eska

Suatu kali pernah, ada bidadari datang di kota kami. Turun dengan cahaya tali malam yang melengkungi langit dan bermula pada cakrawala. Kanak-kanak histeris ketika itu. Mereka yang tengah bermain dengan embun seketika berteriak.
"Ada ibu dengan lengan di sayapnya!"
Kami, yang tua-tua, pun segera keluar mendapati kanak-kanak yang telah menari, --masih tersisa di kaki bidadari garis cahaya yang putih warnanya.
Begitulah pada mulanya.
Ia datang pada suatu malam dan menari bersama anak-anak kami di atas rumputan yang bercahaya oleh embun. Kami tak tahu bagaimana anak-anak kami segera saja bisa menirukan geraknya: Meliuk di punggung, menjejak bumi dengan tumitnya, mengepak tangan laksana mega.
Tapi itulah yang terjadi.
Dan ia tak hanya menari saja.
selengkapnya

draft novel  Pangeran Jawa Atawa Jagger Melayu
Bramantyo Prijosusilo

Pulang dari mall yang sulit dibedakan dengan mall lain di Jakarta atau di kota besar lainnya, Elaine, yang gagal menemukan sale yang memuaskan, mengajak Jagger masuk ke sebuah toko buku khas. Toko buku yang dikelola oleh keluarga Iran itu mengkhususkan diri dalam buku-buku mengenai Arab dan Islam. Jagger mencatat sesuatu yang baru di dalam batinnya. Dulu, di Indonesia, dia tidak begitu tertarik dengan buku-buku agama Islam, kecuali ketika di tahun 1980-an muncul sebuah penerbit bermutu di Bandung yang menerbitkan buku-buku mengenai revolusi Iran, dan tulisan-tulisan karya Ali Syariati yang menggugah. Memasuki toko buku ini Jagger merasakan perasaan yang sama dengan ketika dia pertamakali memegang buku berjudul Haji karangan Ali Syariati, yakni perasaan berdebar berpengharapan.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago 32
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo)
Upacara kuno berlaku pada perayaan Natal di rumah Sventitsky. Pukul sepuluh setelah anak-anak pulang, pohon dinyalakan kedua kalinya untuk yang muda dan dewasa; pesta berlangsung sampai pagi. Orang-orang yang lebih tua main kartu semalam suntuk dalam kamar duduk 'Pompeia,' terpisah dari kamar dansa oleh tabir-tabir yang bergantungan pada gelangan-gelangan perunggu. Pada waktu fajar mereka semua bersantap bersama-sama."Mengapa kamu terlambat?" tanya kemenakan Sventitsky, Georges, yang berlari melintasi serambi depan untuk menuju ke kamar paman dan bibinya di rumah sebelah belakang. Yura dan Tonya meninggalkan barang-barang mereka, lalu menjenguk ke kamar dansa sebelum pergi menyalami tuan atau nyonya rumah.
selengkapnya

penulis edisi 32                                                                              ceritanet©listonpsiregar2000