ceritanet
situs nir-laba untuk karya tulis
edisi 31, Jumat 18 Januari 2002
___________________________________

 esei Seluk Beluk Ekonomi Indonesia, Baru tapi Lama
Hok An
Krisis yang berkepanjangan sekarang ini dimulai dengan krisis Asia tahun 1997 dan gejala-gejala krisis ekonomi ini sudah diramalkan oleh Paul Krugman tiga tahun sebelumnya, 1994, dengan menghujat ekonomi negara-negara Asia Timur sebagai mitos1. Tetapi dunia bisnis, IMF dan Bank Dunia justru menggambarkan model ekonomi Asia Timur --yang ditandai oleh dominasi perusahaan-perusahaan multinasional ini-- sebagai kisah sukses2. Inti dari model ekonomi Asia Timur adalah ekspansi ekspor yang dipacu dengan input yang tinggi, yang dimungkinkan oleh tabungan nasional yang tinggi, investasi modal asing (PMA) yang tinggi, serta ekspor yang tinggi --yang dicapai melalui konsentrasi pada produk-produk murah dengan buruh murah dan obral lingkungan.
selengkapnya

draft novel  Pangeran Jawa Atawa Jagger Melayu
Bramantyo Prijosusilo

Dingin salah musim yang mengejutkan Jagger kemarin, samasekali telah digantikan sinar matahari hangat. Cukup hangat untuk berpakaian baju kaus saja, seperti di daerah tropis. Namun tetap saja, ketika usia mandi pagi, Jagger mengenakan lagi jaket biker-nya. Elaine sering kesal tapi sudah dapat mentoleransi pemandangan itu. Musim panas membuat penduduk London ceria, dan sinar matahari yang hangat mereka syukuri dengan riang, di jalan-jalan, di taman-taman kota, di tepi batang kali Thames yang tegas meliuk-liuk membelah kota, dan di halaman-halaman rumah. Bahkan di daerah-daerah di sekitar City dan West End, yang merupakan pusat dagang , perkantoran, dan hiburan, terlihat pula betapa para pekerja dari semua pangkat menikmati summer.
selengkapnya

cerpen Kerbau Desa Peralihan
Imron Supriyadi

Kerbau di Desa Peralihan sama saja dengan kerbau-kerbau lainnya. Yang berbeda adalah kerbau itu tinggal di Dusun Peralihan, di kawasan di pinggir selat Sunda. Tentang kapan kerbau sampai di Desa Peralihan tak ada yang tahu persis. Ada yang bilang, kerbau Desa Peralihan asalnya dari negeri Belanda, dibawa Asisten Redana asal Belanda waktu jaman penjajahan dulu. Namun ada juga pendapat yang yakin kerbau Desa Peralihan datang dari tempat yang tidak diketahui entah dimana, lalu dijadikan tumbal, sebagai sesaji pencegah banjir. Menurut mereka, yang yakin tadi, banjir yang menimpa Desa Peralihan adalah simbol kemarahan Dewa. .
selengkapnya

novel Dokter Zhivago 31
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo)

"Musim dingin itu Yura mempersiapkan karangan tentang susunan urat saraf mata untuk perlombaan Medali Emas di universitas. Walaupun ia hanya berwewenang dalanm ilmu kedokteran umum, iapun hampir mempunyai pengetahuan spesialis tentang fisiologi penglihatan. Minatnya untuk itu berhubungan dengan segi-segi lain dalam wataknya --bakatnyauntuk mencipta serta perhatiannya atas daya khayal dalam senin dan susunan gagasan menurut logika. Saat itu ia bersama Tonya naik kereta salju sewaan ke rumah Sventitsky.
selengkapnya

  penulis edisi 31                                                                ceritanet©listonpsiregar2000