ceritanet situs karya tulis - edisi 299, april 2020                                           Facebook    Twittwr    Instagram
 sampul     sajak      laporan     cerpen    novel      memoar     catatan      foto     edisi lalu     kirim tulisan     tentang ceritanet      mailing list

Penulis edisi 299

Dr. Victor A. Pogadaev, Assoc. Professor di Lomonosov Moscow State University, Rusia. Lahir 20 November 1946, dia merupakan sejarawan yang kerap menerjemahkan karya sastra Malaysia dan Indonesia ke Bahasa Rusia dan sebaliknya. Aktif di Nusantara Society, organisasi nir-laba yang terdiri dari para akademisi yang mempunyai perhatian pada Nusantara.

Ibnu Dpu, atau M. Yani lahir dan tinggal di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Menulis merupakan hobi yang tidak pernah ditinggalkan. Karena hobi yang sudah melekat itulah sehingga dipilih profesi yang pas yaitu wartawan. Selain tertarik bidang jurnalistik, Ibnu juga hobi jalan-jalan untuk merefreshkan pikiran. Selain tu, diskusi dan membaca juga digeluti guna meningkatkan kemampuan. Pernah mengenyam pendidikan sarjana ekonomi pembangunan di Universitas Mataram, Yani memantapkan keinginannya untuk menjadi pribadi yang baik dan berguna.

Firmansyah Evangelia, adalah nama pena Andre Yansyah. Lahir di Pulau Giliyang -Kabupaten Sumenep, Madura- Andre menyukai puisi dan teater sejak aktif di beberapa komunitas, di antaranya PERSI (Penyisir Sastra Iksabad ), LSA (Lesehan Sastra Annuqayah), Ngaji Puisi, Mangsen Puisi, Sanggar Kotemang, Poar Ikstida. Beberapa karyanya pernah di muat di Radar Madura, Nusantara News, Majalah Sastra Simalaba, Buletin Leluhur, Buletin Bindhara, Majalah Pentas, Potrey Prairey, dan Harian Pringadi. Buku puisinya sudah terbit, Duri-duri bunga mawar (FAM publising 2019), Rubaiyat Rindu (Jendela Sastra Indonesia 2019). Saat ini menjabat sebagai ketua komunitas PERSI periode 2019-2020.

Sitor Situmorang, (1923-2014), dilahirkan di Harianboho, Samosir, 2 Oktober 1923. Setelah lulus MULO di Tarutung, melanjutkan studinya ke AMS di Jakarta tetapi tidak tamat. Awal revolusi bekerja sebagai wartawan di Medan, tahun 1948 berangkat ke Yogya dan ketika Aksi Militer II ditawan di Wirogunan, Yogya, oleh Belanda. Pada tahun 1950 ke Negeri Belanda atas undangan Sticusa (Stichting Culture Samen-werking atau Lembaga Kerja Sama Kebudayaan), kemudian ke Paris dan bekerja di KBRI hingga 1953. Di sinilah pengaruh eksistensialisme dan simbolisme Prancis mulai meresap dan kemudian tampak dalam sajak-sajak maupun esei dan cerpen-cerpennya.

________________________
sekilas ceritanet

ceritanet didirikan November 2000 sebagai media berbagi karya tulis.

Hak cipta atas tulisan di ceritanet dimiliki penulis bersangkutan. Ceritanet hanya merupakan media.

Tidak ada definisi karya tulis yang kaku untuk ceritanet, bisa esei, laporan jurnalistik, resensi buku atau film atau pertunjukan lainnya, sajak, puisi maupun novel.

Ceritanet merupakan media independen.

editor: Liston P Siregar
editor@ceritanet.com

Tulisan lain

Virus Corona, Semangat Kampung, London Pinggiran - Liston P Siregar

Tentang Yang Tidak Pernah Ada - Victoria Tokareva 2 (Dr. Victor A. Pogadaev)

Tuktuk Siadong-Tomok - Sitor Situmorang

vevey

Tentang Yang Tidak Pernah Ada - Victoria Tokareva 1 (Dr. Victor A Pogadaev)

Kapal Sendal - Edwin Anugerah Perdana

Balige - Sitor Situmorang

Bristol

Pelangi Sore Hari di Siguragura Asahan - Sitor Situmorang

Pro-demokrasi? Jangan Pilih Anak dan Mantu Presiden Jokowi - Liston P Siregar

Devon

Mau Salam Menyalam, Malah Rempong - Liston P Siregar

Kristus di Danau- Sitor Situmorang

Skotlandia
 
 

 

Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo atau Koalisi Cebong-Kampret? - Liston P Siregar

Tamasya Danau Toba - Sitor Situmorang

Loch Ness

Topografi Danau Toba - Sitor Situmorang

Hikayat Welfie di WA Grup - Liston P Siregar

Cornwall

Setelah Putusan MK: Jokowi Tanpa Politik Dagang Sapi? - Liston P Siregar

Danau Toba - Sitor Situmorang

Inverness

Islam untuk Politik atau Politik untuk Islam ("Enakan Jamanku Toh") - Liston P Siregar

Chairil Anwar Kita - Sapardi Djoko Damono

Lincoln

Mereka-reka para pemain utama di Pilpres 2024 - Liston P Siregar

Surat Kepada H.B. Jassin 6 - Chairil Anwar

Berkshire

                                                                                                                                        ©listonpsiregar2000