ceritanet
situs nir-laba untuk karya tulis
edisi 28, Selasa 27 November 2001
___________________________________

esei Ulah Global Diaspora: Lain Usamah, Lain Tan Malaka
Aboeprijadi Santoso
Belasan teroris yang menghujat Amerika pada 11 September itu, selain berpendidikan tinggi dan bermotif politik dan ideologis kuat, semuanya adalah perantau. Mereka pernah bermukim lama di negeri orang. Teroris atau bukan, para perantau cenderung membawa misi politik. Seringkali mereka membuat sejarah ketika mereka berkelana, atau berkelana untuk membuat sejarah. Tan Malaka, misalnya, yang diangkat anak oleh seorang pejabat Belanda dan disekolahkan di Haarlem, terbuai oleh Marxisme pada 1920an, giat di Eropa, lalu keliling Asia. Dia adalah orang Indonesia pertama yang menguak bab sejarah untuk negeri lain: di Filipina dia memperkenalkan Marxisme
selengkapnya

      sajak St James Park
                B. Herry Priyono

        di taman ini
      aku sering melihatmu
          di antara ribuan willow
    yang menjulur ke danau
    mungkin itulah mengapa
aku suka pulang ke taman ini
karena seperti merasa
          dahulu kala, sebelum dilahirkan
          kita sama-sama tinggal di sini
        bersama danau, itik, dan angsa
          daun, bunga, dan rahasia
                                          jauh sebelum diam
                                           terjatuh ke dalam kata.
            London, 1995

novel Pangeran Jawa Atawa Jagger Melayu                                                   penulis edisi 28
Bramantyo Prijosusilo
Radiator pemanas udara yang menempel di dinding merupakan barang aneh bagi Jagger. Juga lantai kayu beech yang terang madu warnanya. Udara di dalam flat itu beraroma lain, bukan tak nyaman, namun asing bagi penciuman Jagger. Kamar mandi dengan bath-tub dan shower berada di dekat pintu masuk, yang bergandengan dengan pintu masuk ke satu-satunya kamar tidur pula. Jagger berjalan berkeliling, dari tempat tidur, ke kamar mandi, ke dapur dan ruang tamu, dan habislah ruang flat isterinya dia jelajahi sudah.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago 28
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo)
Disalin sesuai aslinya dari terbitan Djambatan, Maret 1960 dengan penulisan ejaan baru.

Lara tinggal tiga tahun pada keluarga Kologrivov, aman seperti dalam benteng. Tak seorangpun mengganggunya, bahkan ibu serta saudaranya yang menjadi asing terhadapnya, menjauhkan diri dari padanya. Kologrivov adalah usahawan gaya baru yang utama, Ia memandang rendah serta membenci kelas yang sedang merosot itu dengan dendam berganda, baik sebagai orang yang cukup kaya untuk mengatasi kas negara, maupun sebagai orang yang dari kedudukan rendah telah naik ke ketinggian yang ternilai ini. Ia melindungi kaum penjahat politik di rumahnya dan menyewa pengacara untuk membela mereka; sampai-sampai orang berkelakar tentang dia dengan mengatakan bahwa ia sangat bersemangat untuk menyokong revolusi serta mebuar-buarkan kekayannya, hingga diongkosinya pemogokan-pemogokan di pabriknya sendiri.
selengkapnya

ceritanet©listonpsiregar2000