komentar Robert Mugabe dan Setya Novanto, beda-beda mirip
Pengakuan: judul memang sensasional tapi ini tentang Mugabe dan Novanto
Liston P Siregar

Mungkin Presiden Robert Mugabe di Zimbabwe merasa tersinggung disebut sebaris bersama Setya Novanto, berhubung dia sebenarnya satu liga sama mendiang Presiden Suharto, mentor atau bos besarnya Setya Novanto.

Bahkan Mugabe boleh merasa lebih unggul dari Suharto, yang 'hanya berkuasa' 32 tahun sebelum dijatuhkan tahun 1998 dan meninggal pada usia 86 tahun. Sedang Mugabe yang sudah 93 tahun baru mundur setelah 37 tahun berkuasa dan masih sempat melawan ketika militer sudah turun ke jalan dan partainya, Zanu PF, memecatnya.

Mugabe Apalagi dibanding sama Setya Novanto, yang 'baru' menjabat Ketua DPR tiga tahun dan Ketua Umum Partai Golkar setahun lebih, namun sudah jadi ditahan karena status tersangka dalam kasus korupsi e-KTP, yang merugikan negara Rp2,3 triliun dari nilai total proyek Rp5,9 triliun. Sekelompok orang -terlepas entah itu nanti SN masuk atau tidak- menjarah sampai hampir 40%!

Sementara Mugabe? Tak terhitung.

Tahun 2008, tingkat inflasi di Zimbabwe mencapai 231.000.000% atau 231 juta persen. Artinya harga meroket, misalnya, sebantal roti yang pada awal Agustus 'cuma' Z$500 menjadi Z$10.000 pada pekan pertama Oktober, itupun kalau memang ada yang menjualnya -seperti dilaporkan wartawan The Telegraph. Dan itu terjadi di negara yang istri presidennya dijuluki 'Gucci Grace' karena doyan belanja barang mewah.

Jadi jelas berlebihan mensejajarkan Mugabe dengan Setya Novanto, yang tiba-tiba menjadi tergolong 'pemain muda' yang belum apa-apa tapi sudah kena tangkap KPK. Itu jika dibanding sama Mugabe, tentunya.

Tapi pasti adalah kesamaan keduanya. Tak percaya?
***

Mugabe dan Setyo Novanto alias Setnov alias SN sama-sama punya istri dua.

Mengaku sebagai umat Katolik yang taat, Mugabe menikah dengan Grace Ntombizodwa -yang 40 tahun lebih muda- ketika istri pertamanya, Sally Hafron -yang populer di kalangan rakyat Zimbabwe dan dipanggil Amai atau Ibu- masih sedang sakit parah menjelang wafat karena kanker.

Istri pertama Setya Novanto, Luciana Lily Herliyanti, yang tak banyak dikenal orang adalah putri seorang perwira tinggi kepolisian di Jawa Barat. Tidak jelas alasan perceraian mereka, dan SN menikah lagi dengan Deisti Astriani Tagor, yang mulai menjadi perhatian orang ketika terlihat di foto 'legendaris' saat duduk mendampingi suaminya yang sedang berbaring di tempat tidur rumah sakit di Premier Jatinegara.

Setya NovantoGrace Mugabe awalnya dikenal 'cuma' tukang belanja barang-barang mewah sampai mendapat julukan Gucci Grace. Tahun 2015 -ketika ekonomi Zimbabwe semakin terpuruk- dia memesan cincin berlian seharga US$1,3 juta atau sekitar Rp17 miliar untuk merayakan 20 tahun pernikahan dengan Mugabe.

Belakangan dia merasa ditipu dan menggugat pengusaha Libanon, yang menurutnya menipu karena memberinya cincin yang 50 kali lebih murah dari pesanan awal. Urusan Grace dengan hukum bukan cuma itu, karena dia pernah dilaporkan melakukan tindakan kekerasan atas seorang model Afrika Selatan, Gabriella Engels, di sebuah kamar hotel di Johannesburg namun dia mendapat kekebalan hukum.

Dari tukang belanja, Grace pelan-pelan masuk ke dunia politik dan menjadi Ketua Liga Perempuan partai berkuasan, Zanu PF, dan disebut berada di belakang pemecatan dua wakil presiden, Joice Mujur dan Emmerson Mnangagwa. Namun pemecatan Mnangagwa dan kemungkinan Grace akan ditunjuk jadi wakil presiden yang mendorong militer turun tangan.

Setelah suaminya mengundurkan diri, Selasa 21 November, Grace dilaporkan sudah terbang ke Afrika Selatan. Warga Zimbabwe yang turun ke jalan-jalan untuk merayakan pengunduran diri Mugabe pastilah menyimpan kebencian mendalam terhadapnya.

Istri SN jelas berbeda. Dia tak pernah terdengar terlibat politik walau pernah pula diikutkan berbisnis. Itulah sebabnya dia juga diperiksa KPK karena sempat memiliki 50% saham di PT Mondialindo Graha Pradana, pemegang saham mayoritas di PT Murakabi Sejahtera, salah satu pemenang tender pengadaan e-KTP.
***

Sekitar sepekan setelah militer turun ke jalanan ibu kota Harare dan menegaskan aksi mereka bukan kudeta, Mugabe masih mencoba bertahan. Dan setelah 37 bertahan di kekuasaan -dengan segala cara, termasuk menghalalkan pembunuhan- banyak juga yang masih tak yakin apakah memang masanya memang akan kelak selesai total.

MugabeMiliter Zimbabwe masih tetap hormat atas pria yang membebaskan Zimbabwe -atau Rhodesia- dari penjajahan dan meneruskan revolusi-nya hingga ke abad 20 atas nama rakyat Zimbabwe. Dia, antara lain, merebut lahan pertanian milik warga kulit putih dan mengalihkannya kepada warga asli, yang sebenarnya cuma kroni-kroninya. Militer jugalah -bersama partai Zanu PF- yang selama 37 tahun mempertahankan Mugabe dan tidak ingin membuatnya malu dengan menggulingkannya langsung.

Dalam bahasa yang jelas amat menghormati Mugabe, militer mengatakan tujuan aksi mereka adalah memberantas orang-orang jahat di sekitar Mugabe, sambil menjamin pemimpin itu dalam keadaan aman dan baik. Setelah pemberantasan orang-orang jahat itu -bukan Mugabe yang jahat- maka keadaan akan kembali normal, janji militer Zimbabwe.

Di kalangan para pemimpin Afrika lain, Mugabe juga dihormati dengan gagasan Pan-Afrika sehingga tak banyak yang mengkritiknya biarpun kejahatanya sudah terlihat nyata di depan mata. Kalah di putaran pertama pemilihan presiden tahun 2008, dia mengerahkan milisinya melakukan kekerasan atas pendukung saingannya, Morgan Tsvangirai, yang akhirnya memilih mundur dari putaran kedua. Human Right Watch melaporkan sedikitnya 163 orang tewas dan sekitar 5.000 lainnya cedera akibat kekerasan milisi Mugabe.

Minggu 19 November, Partai Zanu PF memecat Mugabe dan memberinya waktu 24 jam untuk mengundurkan diri. Warga Zimbabwe ikut turun ke jalan bersorak sorai merayakan dan menambah tekanan agar dia mundur. Memasuki berakhir batas waktunya, Senin (20/11), Mugabe malah mengeluarkan pernyataan akan memimpin kongres partai pada 12-17 Desember, yang diduga akan menunjuk Grace Mugabe sebagai wakil presiden.

Dia menyadari kritik atasnya dari kalangan pemerintahnya sendiri, militer dan warga namun sama sekali tidak menyinggung soal pengunduran diri. Ketika Zanu PF mengumumkan proses pemakzulannya dan memulai sidang, Mugabe masih juga berupaya menggelar sidang kabinet dan hanya empat menteri setianya -yang juga dilaporkan anggota keluarga besarnya- yang datang.

Tapi sudah game over untuk Mugabe, tinggal caranya saja. Dan Mugabe tiba-tiba menyampaikan surat pengunduran diri.
***

Setya Novanto tidak pernah terlibat kekerasan, itu beda yang amat kontras dari Mugabe.

Tapi pria berusia 62 tahun ini juga punya catatan untuk bertahan dari berbagai  tekanan dan kasus hukum.  

Awalnya, yang tercatat, mulai dari kasus pengalihan hak piutang PT Bank Bali kepada Bank Dagang Negara tahun 1999, dengan kerugian negara ditaksir Rp900 miliar lebih, yang melibatkan perusahaannya, PT Era Giat Prima miliknya. Walau sudah memasuki masa reformasi, tapi Golkar masih mengakar kuat dan bendahara-nya bebas resmi dari penyidikan.

Kehadirannya sebagai Ketua DPR yang kontroversial di kampanye Donald Trump tahun 2015 -yang cuma ditegur oleh Majelis Kehormatan DPR- belakangan sepertinya malah jadi nilai tambah baginya karena Trump yang terpilih sebagai presiden. Kasus 'Papa Minta Saham' lebih ngeri lagi sebenarnya, karena jelas dia terekam minta saham ke Freeport atas nama presiden.

Surat Setya Novanto 2Sempat mundur dari Ketua DPR, Mahkamah Konstitusi berpihak kepadanya SN berhubung penyadapan hanya boleh dilakukan aparat hukum. Kejaksaan yang sempat mau menyelidikinya dengan tuduhan permufakatan jahat, akhirnya melupakan kasus itu begitu saja. Dan Setya Novanto, Ketua Umum Partai Golkar itu, kembali menjabat Ketua DPR.

Ketika KPK mau memeriksanya sebagai tersangka dalam kasus e-KTP, Setya Novanto masuk rumah sakit sambil menunggu keputusan gugatan praperadilan. Singkirkan saja dulu keraguan banyak pengamat hukum atas vonis hakim tunggal Cepi Hakim -dan juga keraguan atas gangguan jantung dan vertigonya-, yang jelas dia bebas lagi secara resmi. Setelah menang gugatan praperadilan, dia juga sembuh dan hidup normal kembali sebagai Ketua Umum Golkar dan Ketua DPR.

Waktu KPK memanggilnya kembali untuk diperiksa setelah ditetapkan sebagai tersangka yang kedua kalinya, dia menghindar dengan alasan harus membuka masa sidang DPR. Kali ini KPK tidak bertele-tele lagi dan Rabu (15/11) malam langsung berupaya menangkapnya dari rumahnya namun tidak berhasil karena dia sedang di rumah.

Di mana? Hilang!

Tak ada yang tahu di mana ketua parlemen negara terbesar keempat di dunia tersebut: entah itu pengacaranya, rekan kerjanya, temannya, termasuk keluarganya. Raib.

Setelah berjanji akan datang ke KPK lewat wawancara per telepon dengan Metro TV, Setya Novanto akhirnya ditemukan karena mobilnhya menabrak tiang listrik dan diapun, menurut pengacaranya, tidak sadarkan diri di rumah sakit Medika Permata Hijau. Gambaran tentang kondisi kesehatannya yang disampainya pengacaranya, Fredrich Yunani, jadi bahan tertawaan di internet.

Fotonya terbaring dengan mata tertutup tak berdaya di tempat tidur berjalan saat akan dipindahkan ke RS Cipto Mangunkusumo juga tak berhasil lagi memicu simpati. Begitu juga ketika dia usai diperiksa KPK, berjalan tertatih-tatih dengan seragam oranye tahanan KPK ke arah wartawan untuk meminta perlindungan hukum kepada presiden, kepolisian, dan kejaksaan agung.

Dia juga masih memerintahkan Majelis Kehormatan untuk tidak bersidang membahas statusnya dan menunjuk pejabat pelaksana Ketua Umum Golkar. Perintah itu, yang dipatuhi, disampaikan lewat surat ‘sakti’ bermeterai yang ditandatanganinya dan beredar meluas.

Tapi sudah game over untuk Setya Novanto.

Memang masih ada lagi gugatan praperadilannya. Kalaupun, dia kembali dimenangkan oleh hakim, kemuakan banyak orang -walau dengan membuat lelucon-lelucon tentang tiang listrik yang ditabraknya dan berfoto tiang listrik itu- sudah tidak tertahankan lagi.

Singkirkan saja apa kelak hasil penyidikan KPK, saat ini Setya Novanto adalah tahanan KPK dengan status tersangka kasus korupsi e-KTP.

Dan itu sajapun tiba-tiba terasa merupakan langkah besar penegakan hukum.
***
Baca juga:

Mereka-reka Pemerintahan Jokowi Mendatang, Kesabaran Masyarakat Sipil Masih Perlu

Lanjutan kelicinan puluhan tahun Setya Novanto

Tulisan lain

Malam Di Pegunungan - Chairil Anwar

St Agnes

Mereka-reka Pemerintahan Jokowi Mendatang, Kesabaran Masyarakat Sipil Masih Perlu - Liston P Siregar

Sorga - Chairil Anwar

Labuhan Bajo

Pemberian Tahu - Chairil Anwar

Dartmoor

Mengibarkan Bendera Merah Putih - Sekelompok warga Indonesia

Ini (Jalanan) Medan Bung - Liston P Siregar

Dari Dia - Chairil Anwar

Medan

Lanjutan kelicinan puluhan tahun Setya Novanto - Liston P Siregar

'Betina'-nya Affandi - Chairil Anwar

Teheran Dalam Stoples 38 - Aminatul Faizah

Herne Bay

©listonpsiregar2000