sampul
 sajak

 laporan
 cerpen

 novel
 memoar

 catatan
 foto

 edisi lalu
 kirim tulisan

tentang ceritanet
 mailing list

 twitter    facebook    google

ceritanet              situs karya tulis - edisi 234, 15 juli 2013

Tulisan lain

Air - Ras Siregar

Perdulilah ketika warga dunia perduli - Liston P Siregar

Kereta Mati - Toto S. Bachtiar

Nevermore - Wing Kardjo

Vivere Pericolosamente 2 - Vincent Mahieu

Kisah dua pemimpin: Boris dan Jokowi - Liston P Siregar

Cikini - Ramadhan K.H.

Vivere Pericolosamente 1 - Vincent Mahieu

Anak Sumbawa - Ajip Rosidi

Hampa - Bahrum Rangkuti

Lebih hitam dari hitam - Iwan Simatupang

Kemarin Sore, Tentang Kehilanganmu - Elfira Arisanti

Jakarta Di bawah Hujan - Sapardi Djoko Damono

Tree

Penulis edisi 234

Ras Siregar (lahir 1936) Sastrawan penandatangan Manifes Kebudayaan. Sering menulis komentar tentang permainan Bridge. Bukunya yang sudah terbit Harmoni (1964) dan Bintang-bintang (1973) merupakan kumpulan cerita pendek, sebuah roman berjudul Terimakasih (1969), beberapa naskah drama, antara lain Penghuni Rumah Atas dan Si Singamangaraja (Ensiklopedia Indonesia No.6).

Liston P Siregar editor www.ceritanet.com.

Toto Sudarto Bachtiar (lahir 1929) Mendapat hadiah sastra nasional pada tahun 1955-1956 untuk puisi. Sajak-sajaknya dibukukan dalam Suara(1956) dan Etsa (1958). Ia ada juga menulis esai dan karangan-karangan lain tetapi lebih terkenal sebagai penterjemah. Ia menterjemahkan Ernest Hemingway, Anton Chekov, William Saroyan, Maria Rilke, J . Slauerhoff, Ryonosuke Akutagawa, dan lain-lain. Beberapa cerita pendek terjemahannya telah terbit dengan judul Bunglon (1964). Ia terkenal karena sajaknya Ibukota Senja tentang Jakarta, yang ditulisnya tahun 1951. Meskipun ia kini tidak lagi tinggal di Jakarta, tetapi kota yang selalu dinyanyikannya dalam sajak-sajaknya adalah Jakarta, di mana ia pernah tinggal beberapa tahun lamanya.  

Wing Kardjo (lahir 1937) telah menulis sajak sejak tahun limapuluhan dengan nama Kardjo Wangsaatmadja, tetapi kemudian menulis lebih intensif lagi sepulangnya dari Paris pada tahun 1967. Kecuali menulis sajak, ia ada juga menulis cerita pendek dan yang terpenting bahasan-bahasannya mengenai karya-karya sartra dan karya-karya seni (drama dan film terutama) Indonesia lainnya. Iapun telah membuat potret beberapa seniman Indonesia dalam bentuk interviu yang tangkas dan tepat, di samping menterjemahjkan karangan-karangan dari Bahasa Prancis. Ia sekarang mengajar bahasa Prancis di Fakultas Sastra Universitas Pajajaran dan sasra di Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta.
________________________
sekilas cerita

ceritanet didirikan November 2000 sebagai media tukar karya tulis dengan asumsi banyak karya tulis yang menarik walau tidak sesuai dengan gaya media massa konvensional.

ceritanet juga berharap mengembangkan gaya tulis internet.semua hak cipta atas tulisan di ceritanet dimiliki penulis bersangkutan. ceritanet hanya merupakan media.

tidak ada definisi karya tulis yang kaku untuk ceritanet, bisa esei, laporan jurnalistik, resensi buku atau film atau pertunjukan lainnya, sajak, puisi maupun novel.

ceritanet merupakan media independen.

editor: Liston P Siregar
editor@ceritanet.com

ceritanet©listonpsiregar2000