sampul
 sajak

 laporan
 cerpen

 novel
 memoar

 catatan
 foto

 edisi lalu
 kirim tulisan

tentang ceritanet
 ikut mailing list
ceritanet              situs karya tulis - edisi 223, 11 agustus 2012

Tulisan lain

Ariel 1- Bernando J Sujibto

Delima yang bertutur tentang Senayan- Aminatul Faizah

Bulan Kota Jakarta- W.S. Rendra

Dengan Dua Gadis - S.M Ardan

Menelusuri Pangkal Jazz, ELP, dan Yes 2- Liston P Siregar

Getah Malam - Dodong Djiwapradja

Malam Terang di Jakarta- Sobron Aidit

Menelusuri Pangkal Jazz, ELP, dan Yes 1- Liston P Siregar

Bersatulah Pelacur-pelacur Kota Jakarta - W.S. Rendra

Surat Cinta Endaj Rasidin - Ajip Rosidi

Aku, Dingis, dan Sawah - Limantina Sihaloho

Setangkai Daun Bodhi - TranzCuk Riomandha

bangladesh

Penulis edisi 223

Bernando J Sujibto, kelahiran Sumenep, 24 Februari 1986. Menulis puisi, esai, artikel, dan resensi di media lokal ataupun nasional. Karya puisinya terkumpul dalam antologi bersama seperti Risalah Dua Jari (Andalas, 2002), Kampung dalam Diri (Temu Penyair Lima Kota, 2008), Puisi Menolak Lupa (Obsesi Press, 2010), Mazhab Kutub (Pustaka Pujangga, 2010), dan Suluk Mataram (Galang Press, 2011). Sementara karya tulis ilmiahnya masuk dalam buku kompilasi seperti Resasan untuk Jogja (Impulse, 2009), Islam: National Character Building dan Etika Global (UIN Sunan Kalijaga, 2010), Kalian Islam Multidisipliner ]jilid 2 dan 3] (Lemlit UIN Jakarta, 2009 dan 2010), dan Islam dan Terorisme (Grafindo, 2010). Kesukaan berjelajah membawanya terbang ke negara.

Aminatul Faizah lahir di Gresik, 31 desember 1989 dan memegang motto: jadikan apa yang tak sempurna melebihi kesempurnaan itu sendiri karena kesempurnaan sejati yang mutlak milik Tuhan dan di dunia kesempurnaan adalah relatif.

W.S. Rendra (lahir 1935) dianggap sebagai penyair terpenting setelah Chairil Anwar dalam sastra Indonesia. Adalah juga seorang dramawan yang terkenal karena eksperimen-eksperimen yang dilakukanya dengan Bengkel Teater. Kumpulan-kumpulan sajaknya berjudul Balada Orang-orangTercinta(1957), Empat Kumpulan sajak (1961) dan Blues Untuk Bonnie (1971). Yang terakhir sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh Harry Aveling dengan judul Indonesian Poet in New York (1971) Di samping itu Rendra pun banyak menulis cerita pendek, antara lain yang dibukukan daIam Ia Sudah Bertualang (1963), esai dan banyak menterjemahkan drama antara lain karya Sophokles, George Bernard Shaw, Samuel Becket, Bertol Brecht dan lain-lain. Ia memperoleh hadiah nasional untuk puisi tahun 1955-1956 dan Anugerah Seni Republik Indonesia untuk kegiatan teaternya (1969).

S.M Ardan (lahir 1932) dikenal sebagai salah seorang penulis dengan logat Jakarta dan sekarang dikenal pula sebagai salah seorang yang berjasa menempatkan lenong (salah satu kesenian Jakarta yang khas) menjadi tontonan yang digemari bahkan oleh anak-anak muda Jakarta intelektual. Sebelumnya lebih seraing dianggap sebagai tontonan 'masyarakat rendah.' Menulis sajak mula-mula, tetapi kemudian lebih dikenal sebagai penulis cerita pendek, sandiwara, dan skenario film. Kumpulan cerita pendeknya berjudul Terang Bulan Terang Dikali (1955) dan sandiwaranya berbentuk roman Nyai Dasimah (1964) dan beberapa diantara skenario film yang ditulisnya: Di balik dinding, Nyai Dasima, Pendekar Sumur Tujuh, dll.

__________________________________
sekilas ceritanet

ceritanet didirikan November 2000 sebagai media tukar karya tulis dengan asumsi banyak karya tulis yang menarik walau tidak sesuai dengan gaya media massa konvensional.

ceritanet juga berharap mengembangkan gaya tulis internet.semua hak cipta atas tulisan di ceritanet dimiliki penulis bersangkutan. ceritanet hanya merupakan media.

tidak ada definisi karya tulis yang kaku untuk ceritanet, bisa esei, laporan jurnalistik, resensi buku atau film atau pertunjukan lainnya, sajak, puisi maupun novel.

ceritanet merupakan media independen.

editor, Liston P. Siregar
editor@ceritanet.com

 

 

ceritanet©listonpsiregar2000 
ceritanet©listonpsiregar2000