ceritanet   situs karya tulis - edisi 213 senin 31 oktober 2011  sampul
sajak
laporan
cerpen

novel
memoar
catatan

foto

edisi lalu
kirim tulisan
tentang ceritanet
ikut mailing list

penulis edisi 212

Idrus F. Shahab penyair dan pemetik gitar flamenco

Liston P. Siregar editor ceritanet.com

Ajip Rosidi (lahir 1938) pertama kali pindah ke Jakarta tahun 1951 ketika mau melanjutkan sekolah menengahnya, belajar menulis dan memilih kesusastraan sebagai pilihan hidupnya di sana, memimpin majalah Suluh Peladjar (1953-1955), Prosa (1955) dan Budaja Djaja (sejak 1968). Pernah memimpin Madjalah Sunda (1965-1967) di Bandung. Sejak 1971 memimpin Badan Penerbit Pustaka Jaya, Yayasan Jaya Raya. Menerbitkan sejumlah kumpulan sajak, kumpulan cerita pendek, kumpulan esei, telaah mengenai kesusastraan Indonesia dan Sunda. Sampai sekarang telah menerbitkan lebih dari 35 judul buku, baik dalam bahasa Indonesia maupun Sunda.

Amir Hamzah (1911-1946) salah seorang penyair yang biasa digolongkan pada sastrawan Pujangga Baru. Salah seorang pendiri majalah Poedjangga Baroe. Datang dari Langkat (Sumatra Timur) untuk melanjutkan sekolah ke Jawa, yaitu AMS-A di Solo. Sajak yang dimat di sini agaknya ditulis ketika ia baru saja datang di Jawa. Setelah AMS-A Solo, ia kemudian pindah ke Jakarta melanjutkan pelajarannya pada RHS (Fakultas Hukum), tetapi tidak sampai tamat karana ia keburu harus memenuhi panggilan pamannya untuk menikah dan menjabat pangkat di kesultanan Langkat. Ia meninggal dalam kerusuhan yang dinamakan Revolusi Sosial di Sumatra Timur, terbunuh bersama dengan para bangsawan Langkat lainnya. Ia menerbitkan Buah Rindu (1941), Njanji Sunji (1937) dan Setanggi Timur (1941) yang merupakan terjemahan beberapa sajak negeri tetangga.

Bahrum Rangkuti (lahir 1916) terutama dikenal sebagai salah seorang ahli mengenai Moh. Iqbal, tertama karena ia telah menterjemahkan karya utama penyair bapak negara Paksitan itu langsung dari bahasa Urdu: Asrar-i-Khuid. Ia sendiri banyak menulis sajak, esai, cerita dan menterjemahkan. Antaranya ia menterjemahkan karya Jawaharlal Nehru tentang sejarah dunia. Menjadi imam Angkatan Laut Republik Indonesia dengan pangkat tituler Kolonel, menjadi anggota DPR-GR, sekarang menjadi Sekretaris Jenderal Kementrian Agama Republik Indonesia. Setelah lama tidak terdengar menulis karya-karya sastra, beberapa tahun terakhir ini banyak mengumumkan sajak-sajaknya yang baru, yang nafas Islamnya kian nampak.
__________________________________

sekilas ceritanet

ceritanet didirikan November 2000 sebagai media tukar karya tulis dengan asumsi banyak karya tulis yang menarik walau tidak sesuai dengan gaya media massa konvensional.

ceritanet juga berharap mengembangkan gaya tulis internet.semua hak cipta atas tulisan di ceritanet dimiliki penulis bersangkutan. ceritanet hanya merupakan media.

tidak ada definisi karya tulis yang kaku untuk ceritanet, bisa esei, laporan jurnalistik, resensi buku atau film atau pertunjukan lainnya, sajak, puisi maupun novel.

ceritanet merupakan media independen.

editor, Liston P. Siregar
editor@ceritanet.com

BACA JUGA

Jawabku Untukmu - Suhendri Cahya Purnama

Tuhan Kutitipkan Surat Untuk Bapakku - Aminatul Faizah

Labirin ibukota - Gendhotwukir

Arlington

ceritanet©listonpsiregar2000