sampul | cerpen | sajak | novel | esei | laporan | memoar | terbitan | komentar

edisi pertama Sabtu 25 November 2000

ceritanet
situs nir-laba untuk karya tulis

 

laporan Membawa Taiwan ke Peta Dunia
Lenah Susianty

Satu-satu akhirnya membawa Taiwan ke peta film dunia "Tidak ada yang spesial dari film ini, saya hanya memperluas ruang geografis saya, " kata sutradara Taiwan, Edward Yang, sutradara terbaik versi festival film Cannes tahun ini. Yiyi (Satu-satu) --demikian judul film yang menuntun sutradara kelahiran Shanghai tahun 1947 ini ke jenjang paling bergengsi bagi para sutradara film-film seni-- sesungguhnya bukan hanya bercerita tentang Taiwan kata Yang lagi. "Film ini mengenai sebuah kota, dan bercerita tentang kehidupan sehari-hari sebuah keluarga biasa di kota itu. Hanya saja ada pendekatan geografis secara maya, seperti fiksi, yang membuat saya bisa menjabarkan pokok-pokok persoalan yang paling intim dengan kehidupan manusia, yang mungkin juga persoalan paling universal. Idenya sederhana sekali bahwa hidup ini tidak seperti yang kita bayangkan karena setiap orang punya gambaran yang berbeda tentang hidup," begitu Yang menjelaskan filmnya. Mungkin Yang hanya merendah, sebab nyatanya di Festival Film Cannes Mei lalu Yiyi sempat membuat geger di kalangan penonton, media massa maupun juri karena kematangan dan kebijaksanaan penyutradaraannya.

Film yang bercerita tentang hal-hal 'biasa' ini (NJ, tokoh utama di film ini bertemu lagi dengan bekas pacarnya dan merenung seandai hidupnya tidak seperti sekarang, pada saat yang sama putra NJ punya masalah di sekolah dan putrinya mulai belajar pacaran) disebut-sebut sebagai jenis baru dari film-film aliran Nouvelle Vague Taiwan dimana Yang juga menjadi salah satu pelopornya di tahun 1980an. Bersama-sama dengan sutradara terkenal Taiwan lainnya, Hou Hsiao-hsien, Yang melahirkan film-film yang sama sekali bercorak berbeda dengan kebanyakan film Taiwan, dan tujuan mereka cuma satu yaitu menempatkan Taiwan di peta film dunia.

Walau demikian, Yiyi mungkin adalah film Yang yang paling menonjol selain A Brighter Summer Day (1991) atau Mahjong (1996). Yiyi adalah film yang anti sosiologi, tetapi pada saat yang bersamaan juga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan sangat terpusat pada tokoh-tokoh di dalamnya sehingga terkesan semua tokoh-tokoh itu membentuk satu pribadi saja. Dan semua itu digambarkan dengan sangat jelas dan penuh kehangatan terhadap karakter-karakter yang ada di film ini. Film ini juga membuka mata kita bahwa cara kita menangani masalah sangat jarang sekali berubah dari tahun ke tahun, walaupun masalahnya sendiri berubah-ubah.

Film yang berlatar-belakangkan Taiwan dan Jepang ini menjadi tambah istimewa dengan kehadiran pemain utama Wu Nien-jen (NJ di film ini) yang juga merupakan tokoh besar dalam perfilman Taiwan dewasa ini. Sebagai seorang penulis, Wu juga pernah bekerjasama menuliskan skenario film Yang yang pertama That Day on the Beach (1983) sebelum ia kemudian lebih banyak menuliskan skenario bagi Hou Hsiao-hsien yang juga membuat Hou lebih dahulu dikenal di kalangan perfilman internasional. Kembalinya Wu ke pelukan Yang diakui sendiri oleh Yang sebagai hal yang paling penting bagi Yiyi. Kata Yang, ia mengancam tidak akan membuat film itu jika Wu tidak mau bermain di dalamnya. Tak heran, ketika Wu akhirnya bersedia, Yang menganggap ini sebagai sebuah berkat. "Wu adalah orang yang sangat pandai dan aktor yang sangat sangat hebat," puji Yang. Ketika Yang memuji-muji Wu, dunia perfilman juga mengacungkan ibu jari pada Yang, yang tadinya adalah seorang insinyur listrik. Sebagai seorang sineas, Yang adalah orang yang sangat waspada, ia terus bergerak dan bergerak, menghidupi film-filmnya dan tak berhenti mencari hal-hal yang baru, dan film-filmnya menjadi bukti kekuatannya itu. Kini, lewat Yiyi, keinginannya memberikan tempat terhormat bagi Taiwan di peta film dunia sudahlah tercapai.
***

                                                                                                   laporan Yi Yi lain Tentang Orang Biasa
                                                                                                                                 Liston Siregar

                                                                                               laporan film lain Wajah-wajah Kaki Langit
                                                                                                                  
        Liston Siregar

Filmografi:
1982 Expectations (film pendek)
1983 That Day on the Beach
1985 Taipei Story
1986 The Terrorist
1991 A Brighter Summer Day
1994 Confusion Chez Confucius
1996 Mahjong
2000 Yiyi

situs nir-laba untuk karya tulis
ceritanet

 

kirim tulisan
©listonpsiregar2000