ceritanet
situs nir-laba untuk karya tulis
edisi 19, Rabu 8 Agustus 2001
___________________________________________________


sajak
Catatan Musim Gugur Untuk Kekasih
Buat : AI  dari Najib Azca

Apa yang kau tangkap dari daun-daun gugur, kekasih?

Pada mulanya adalah hidup
kemudian adalah cinta
dan di penghujungnya adalah ajal

Tuhan bertitah dalam firman
nabi berujar dalam sabda
alam bertutur lewat desau angin dan daun-daun jatuh

Apa yang kau tangkap dari daun-daun yang bersalin warna, kekasih?
selengkapnya

penulis 19

memoar Comandante Gusmao 1
Mohamad Susilo
Sejarah selalu bersisi dua. Ketika Indonesia masih berkuasa di Timor Timur, Xanana Gusmao dicap sebagai tokoh pemberontak, tokoh pengacau keamanan, bahkan sempat dipenjara sebagai kriminal --dan bersama-sama kriminal Indonesia-- di LP Cipinang. Pendulum nasib berubah ketika referendum kemerdekaan Timor Timur dilangsungkan Bulan Agustus 1999. Xanana menjadi bapak bangsa Timor Lorosae. Akhir Agustus ini, rakyat Timor Timur akan kembali ke kotak suara, kali ini memilih 88 wakil untuk Majelis Perwakilan. Inilah yang kelak akan menjadi titik awal dari pemerintahan Timor Lorosae. Sejauh ini Xanana Gusmao sudah berulang kali menegaskan tidak bersedia menjadi Presiden Timor Lorosae, walau banyak yang menduga akan sulit baginya untuk menolak tuntutan rakyat Timor Lorosae. Siapakah Xanana?
selengkapnya

 

komentar Perempuan di Titik Nol Besar
Sanie B. Kuncoro
Sebuah iklan televisi --swasta full-profit-- di Indonesia --belum ada penegakan tegas etika periklanan-- tentang minuman suplemen yang meyakinkan diri mampu meningkatkan stamina. Dicantumkan dengan jelas kalau produk untuk konsumsi laki-laki dewasa.

Adegan iklannya begini : barisan perempuan rata-rata berbaju mini antre mengikuti audisi. Pengujinya seorang laki-laki berjas lengkap. Para peserta perempuan berbaju mini bergiliran masuk ke sebuah ruangan tertutup bersama dengan penguji berjas lengkap. Usai ujian, pintu terbuka dan para perempuan berbaju mini keluar dengan gerakan merapikan pakaian dan dandanan yang jadi agak acak-acakan, plus wajah loyo sang penguji. Ups, penguji berjas lengkap segera minum produk iklan dan langsung segar bugar bergairah ; dua perempuan berbaju mini peserta audisi dipanggil masuk kamar sekaligus. Di pintunya ia gantungkan ; Don't disturb, seperti layaknya sebuah kamar hotel.
selengkapnya

 

novel Dokter Zhivago 19
Boris Pasternak (alih bahasa Trisno Sumardjo)
disalin sesuai aslinya dari terbitan Djambatan, Maret 1960, dengan penulisan ejaan baru
Lingkaran ini keresapan setan! Andaikata penyelenongan Komarovsky dalam penghidupan Lara ini hanya memualkan belaka, dapatlah ia memberontak dan mencampakkannya. Tapi soalnya tak semudah itu. Ia merasa terangkat, karena seorang laki-laki yang rambutnya mulai beruban, cukup tua untuk menjadi ayahnya, orang yang dalam rapat-rapat mendapat tepuk tangan dan disebut dalam surat kabar, telah mencurahkan waktu dan uangnya kepadanya, membawanya ke luar menonton konser dan sandirawa, menyebutnya seindah dewi dan pada umumnya konon akan memperkaya jiwanya. Sebetulnya ia masih anak sekolahan berpakaian coklat seragam yang di sekolah masih suka berbuat kenakalan yang tak berarti. Cumbu-cumbuan Komarovsky dalam kereta di belakang punggung kusir atau dalam opera box dengan terlihat jelas oleh hadirin, menyenangkan dan menantang dia karena ada anasir rahasia campur keberanian.
selengkapnya

ceritanet ©listonpsiregar2000