ceritanet                              situs karya tulis,  po box 49 jkppj 1021
edisi 145
senin 191107

edisi 145; Sasmita, Bae, Maniez, dan Kawentar

Belakangan ini, aku merasa semakin akrab dengan malam hari. Nyaris kulahap waktu paska kerjaku untuk berputar-putar Bandung sampai pagi nyaris tak permisi untuk datang. Ditempat-tempat tertentu, yang kupilih secara acak, aku berhenti cukup lama sembari menengadah ke langit yang terkadang vulgar mempertontonkan jajaran bintang beserta planet, namun terkadang pula terkesan malu. Ronny P. Sasmita

Satra tutur atau biasa disebut juga tradisi lisan (oral tradition) lahir pada masa kenabian Nuh. Akan tetapi, perkembangannya yang sangat pesat terjadi di Mesir, puncak keemasan Firaun. Sastra tutur identik dengan ajaran-ajaran dan nilai-nilai alam semesta; langit dengan segala isinya, bumi dengan kekayaan di atas dan di bawahnya, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan mahluk hidup dan penciptanya. Anton Bae bin Yazid Amri.

Pernahkan anda membayangkan naik taksi sambil nonton TV atau surfing internet? Taksi kuning di New York segera mewujudkannya, tapi malah mengundang pro dan kontra. Sekitar ratusan bahkan ribuan pengemudi taxi menolak penerapan teknologi yang menurut mereka tergolong mahal itu. Maya Maniez.

batang-batang bebaris polisi pamong praja
cangkul sengkuit menjadi jeruji besi di kantor polisi
petani berperang melawan hama wereng
tanah tidak lagi mau kompromi dengan bibit
tuan tanah menaikkan harga sewa dari satu ke dua pikul
harga-harga hidup semakin menjalar pada tingkah laku
Jajang R. Kawentar

sampul
esei
sajak
laporan
cerpen
novel
memoar
komentar
terbitan
edisi lalu
daftar buku

kirim tulisan

ikut mailing list

tentang ceritanet
ceritanet©listonpsiregar2000