<%@LANGUAGE="JAVASCRIPT" CODEPAGE="1252"%> ceritanet

ceritanet situs nir-laba untuk karya tulis
edisi 114 kamis 2 februari 2006,  po box 49 jkppj 10210

komentar Olahraga dan Bangsa
Mula Harahap

Kalau sebuah negara mati-matian bertarung untuk mengejar piala atau medali di sebuah kejuaraan olahraga, maka salah satu tujuannya tentu adalah demi prestise dan harga diri bangsa tersebut. Tapi disamping prestise dan harga diri, maka ada tujuan lain yang tak kalah penting. Kwalitas dan kwantitas piala atau medali, yang diperoleh sebuah negara dalam sebuah kejuaraan, adalah indikator kemajuan olahraga di negara tersebut.
baca

memoar Pernahkah Saya ke Magelang?
Syam Asinar Radjam

Pernahkah saya ke Magelang? Hampir pukul 8 malam, Jum’at 2 hari menjelang Natal 2005, saya dan Ria –calon istri-- tiba di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Kami pun segera memesan taksi untuk meneruskan perjalanan ke Magelang. “Berangkatnya nanti, ya. Kami makan malam dulu,” kata saya ke petugas di tempat pemesanan taksi. Sesaat sebelum kami siap berangkat, saya ke toilet dan berlanjut ke wartel untuk menelepon keluarga di Prabumulih, Pulau Sumatra --di luar Jakarta ponsel CDMA saya tidak berguna.
baca

cerpen Cornelia, Pembantuku...
Ayu Hermawan

“Mereka tuh susah. Dianggap keluarga atau saudara malah ngelunjak!” Trina, rekan kantorku selepas makan siang ngomel-ngomel. Aku sih berusaha menunjukan simpati, Keluhan Trina seperti itu untuk kesekian kalinya terjadi, setelah dia berulang kali 'kehilangan' pembantu. Trina tidak sendirian. Omelan, gerutuan soal pembantu sepertinya tidak pernah lepas dari obrolan teman-temanku. Macam-macam. Selain memuji, banyak juga yang menggerutu. Apalagi kalau menjelang Lebaran.
baca

novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak
Bunyi ketawa dan gerak-gerik terdengar dari salah satu dua deresi yang digandeng; kesitulah pengawal membawa Yury setelah menyebut kode kepada penjaga, tapi bunyi tadi berhenti ketika dua orang itu masuk.Pengawal itu mengantar Yury lewat gang sempit ke kompartemen yang lebar di tengah-tengah. Ruangan ini bersih dan nyaman, tempat kerja orang-orang yang berpakaian bagus di lingkungan sepi semata-mata.
baca

 

tentang ceritanet

sampul
esei
sajak
laporan
cerpen
novel
memoar
komentar
terbitan
edisi lalu
daftar buku

kirim tulisan

ikut mailing list

ceritanet
©listonpsiregar2000