ceritanet, situs nir-laba untuk karya tulis              edisi 100 minggu 8 mei 2005,  po box 49 jkppj 10210

memoar Ke Madania
Hendiarto

Sebulan lalu, istriku minta ditemenin ke Parung, mengantar bidadariku Arinditya Wrningdhanu test masuk SD (gila nggak tuh, masuk SD pake di test segala?). Bidadari keduaku ini memang cuantik (semoga kalian juga bilang begitu...) dan belakangan ini cerewetnya minta ampun. Dan Madania perlu test krena bidadariku ini divonis autis.
selengkapnya

laporan Untung Ada Abbas Kiarostami
Liston P Siregar
Saya bertekad akan gosok gigi setiap menjelang tidur sejak Selasa 4 Mei 2005. Sebelumnya? Angin-anginan. Kalau kedua anak saya protes ‘kenapa kami harus gosok gigi, tapi kau tidak’ atau ketika istri sedang galak, maka sayapun ogah-ogahan gosok gigi sebelum tidur. Tapi kalau istri cuma mengancam ‘biar nanti kau cepat ompong’ maka saya cuma tersenyum.
selengkapnya

sajak Dyah Nyiur, Anak Perempuan Kami
Syam Asinar Radjam
Dyah Nyiur, anak perempuan pertama kami yang belum dibuat. Kemaluanku juga belum kugesekkan pada mesin auto-debet. Jangan cuma jadi perempuan. Matahari mulai sukar membentuk bayang-bayang. Jemuran basah diam saja. Angin hanya tertiup bersama genangan karbon dari knalpot. Dyah nyiur, anak perempuan pertama yang belum kami buat.
selengkapnya

novel Dokter Zhivago
Boris Pasternak

Esoknya, kereta api yang merayap bagai siput lantaran takut keluar dari rel yang dibedaki angin dengan salju dan tak ada yang membersihkannya itu, berhenti disamping reruntuh yang habis terbakar, tiada bernyawa. Hanya inilah sisa stasiun itu, Kelmes Hilir; namanya masih terbaca sedikit di sebelah depan yang hangus.
selengkapnya

tentang ceritanet

sampul
esei
sajak
laporan
cerpen
novel
memoar
komentar
terbitan
edisi lalu
daftar buku

kirim tulisan

ikut mailing list

proyek buku
Belajar dan (atau)
Bekerja

daftar buku
non-fiksi
The End of Poverty
Jeffrey Sachs
(Penguin)

fiksi
Innocence
Kathleen Tessaro
(HarperCollins)

ceritanet
©listonpsiregar2000